Kisruh Kepemilikan Petak Meja Batu Akan Jadi Masalah Serius

oleh -190 views

PADANG,SUMBARTODAY–Telah satu bulan lebih Pedagang Kaki Lima (PKL) telah menempati lantai 2 pasar Banda Buek. Banyak manfaat  positif bagi masyarakat setelah kenaikan pedagang ini terealisasi, terutama bagi pengguna jalur Padang-Indarung yang merupakan akses jalan terpadat. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Forum Komunitas Indonesia Satu (FKI-1).

Manfaat lain yang  dirasakan oleh masyarakat dan pedagang adalah kenyamanan berbelanja, sebelumnya pasar ini terbilang sesak.” dengan naiknya PKL  kita bisa merasa sedikit lega, namun salah seorang masyarakat Lubuk kilangan, SYofyan Panggilan akrab nya, sedikit pesimis dengan keadaan yang terjadi.

Kepemilikan Petak meja batu yang sekarang terkesan amburadul, Hal ini disebabkan oleh kesalahan dari proses penjualan, seharusnya yang jadi prioritas utama adalah pedagang kakilima yang dahulu berjualan di halaman pasar, Namun kenyataannya banyak meja batu yang dimiliki oleh masyarakat dari luar Banda Buek.

Prioritas berikutnya yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan oleh Dinas Pasar adalah Masysrakat setempat yang juga merupakan pemilik tanah pasar tersebut.

“Sampai kapan masyarakat dibiarkan ribut. kami khawatir yang terjadi sebelumnya akan terulang kembali, kami butuh kenyamanan dalam berdagang, ulas Yusuf kepada Sumabrtoday. Seperti pedagang lain, seharusnya Dinas pasar lebih bijaksana dalam mengatur pedagang pada lantai 2″.

Sementara itu salah seorang pedagang yang memakai jalan antara petak meja batu untuk berjualan mengatakan ” Kami akan berusaha patuh atas aturan yang diterapkan dinas pasar sampai kami kehabisan modal karena jualan kami tidak laku, kami ingin punya lapak tapi bukan sewa kepemilik lain” pungkasnya kesal.

Mengacu kepada pengalaman pada masa lalu, apabila pedagang yang berjualan di lantai 2 tidak ditempatkan pada tempat yang semestinya besar kemungkinan Pedagang tersebut akan kembali turun ke halaman.

Hal yang tidak kalah penting dalam mempertahankan pedagang tetap berjualan di lantai 2 adalah:

  1. Pedagang yang berada dijalan antara meja batu harus di kosongkan, karena akan menghalangi pengunjung yang akan berbelanja.
  2. Kartu penunjukkan atas petak meja batu (Kartu Kuning) tersebut harus segera diselesaikan, sehingga kepemilikan meja batu tersebut jelas.
  3. Segera diselesaikan urusan pembayaran atas kepemilikan meja batu tersebut, melalui bantuan KUR dari Perbankkan.
  4. Batalkan seluruh Kartu Kuning yang masih terkesan amburadul dan ditutup-tutupi sehingga untuk kepemilikan berikutnya, Pedagang merasa aman. (Ojhi)