Kedaulatan syarat mutlak untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial

oleh -495 views

YOGYAKARTA,SUMBARTODAY,-Masalah kesenjangan sosial, menjadi salah satu dari banyak tantangan strategis bangsa. Realitas ekonomi, sosial, politik, dan budaya saat ini memperlihatkan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.  Hal itu disampaikan Agung Hendarto dari Institut Harkat Negeri, di Sekretariat University Club (UC) UGM, Jumat (28/4).

“Sebagai warga bangsa kita perlu membaca secara bersama sejauh mana cita-cita para pendiri bangsa, menjaga dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan turut serta dalam ketertiban dunia, telah tercapai ataukah sebaliknya?,” kata Agung yang juga Ketua Panitia Seminar Nasional dengan tema Kedaulatan Indonesia, Menyongsong Seabad Kemerdekaan.

Agung kembali menjelaskan bahwa pertanyaan penuh makna yang kini mulai menggenangi pikiran banyak warga. Salah satunya adalah apakah pada seabad kemerdekaan, sebagai bangsa sudah pada tujuan, ataukah justru menjauh dari harapan.

Menurutnya, syarat dasar yang harus dijaga dengan sepenuh daya agar bangsa tetap dalam kekuatan untuk menempuh masa depan yang gemilang sudah tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

“Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, yang berarti bahwa sebagai bangsa kita berdaulat karena kita merdeka, dan seluruh instrumen kedaulatan bangsa tersebut mengikuti kehendak bangsa. Dan dengan kedaulatan itulah kita mewujudkan tujuan bernegara,” jelasnya.

Sedangkan Untoro Hariadi Local Partner Semiloka menegaskan bahwa untuk dapat mengerti situasi bangsa, maka cara yang terbaik adalah pulang kepada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. “Cara tersebut merupakan jalan utama, agar kita bisa lebih jernih melihat potensi yang ada, tantangan yang berkembang dan rute yang ditempuh bangsa ini, dalam mencapai cita-cita proklamasi kemerdekaan,” jelas Untoro.

Dalam pandangan panitia, jelas Untoro, kedaulatan Indonesia merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya pergerakan bangsa yang dicita-citakan. Sedikit saja berkurang kedaulatan bangsa, maka dapat dipastikan, bahwa gerak bangsa akan kurang sejalan dengan maksud diadakannya.

“Atau jika disana-sini, masih terdapat hal-hal yang hendak dihilangkan oleh gerakan kemerdekaan, maka patut diperiksa dengan seksama, apakah derajat kedaulatan bangsa sedang mengalami tantangan?,” demikian Untoro menguraikan.

Institut Harkat Negeri (IHN) bekerjasama dengan sejumlah lembaga, menyelenggarakan lokakarya seminar nasional dengan tema Kedaulatan Indonesia: Menyongsong Seabad Kemerdekaan. Acara yang akan diselenggarakan Sabtu (29/4) besok di Gadjah Mada University Club (UC) UGM.

Sumber  (Merdeka.com)