OJK Sumbar Wasit, Jika Kebijakan Bank Salah, OJK beri Sangsi

oleh -939 views

PADANG,SUMBARTODAY– Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano mengingatkan agar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar bisa menjadi ‘wasit’ bukan ‘pemain’ dalam menjalankan otoritas keuangan di Sumbar.

“OJK itu seperti wasit dia yang mengatur ‘permainan’, dia juga bisa memberi hukuman. Jadilah wasit yang benar. Jangan lakukan intervensi karena jika sudah dilakukan itu, berarti sudah jadi pemain,” kata Arkadius , Jumat (18/1) di Padang.

Arkadius mengatakan pihaknya mendukung upaya Komisi III DPRD Sumbar untuk menyelesaikan kasus kenaikan Tingkat Kesehatan Bank (TKB) Bank Nagari dari level III ke level II pada Maret 2018 lalu.

“Secara teorinya, kenaikan TKB Bank Nagari itu tentu membawa angin segar bagi Sumbar. Tapi apakah kenaikan itu sudah benar? Kita semua tahu bagaimana kondisi Bank Nagari tahun 2017 hingga 2018 lalu,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Arkadius menyebutkan pihaknya siap menyetujui pembentukan panitia khusus (Pansus) untuk menyelesaikan kasus tersebut, jika seandainya Komisi III DPRD Sumbar menilai hal itu perlu dilakukan.

“Kita akan kaji persoalannya. Apakah cukup dengan hearing dengan komisi saja, atau perlu dibentuk Pansus. Semuanya akan kita lihat nantinya. Kita kaji dulu usukan Komisi III,” tegasnya.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumbar Supardi mengatakan pihaknya akan mengajukan pembentukan Pansus untuk menyelesaikan kasus TKB Bank Nagari yang dianggap banyak kejanggalan.

“Kenaikan TKB Bank Nagari ke level II itu penuh kejanggalan. Belum lagi soal penyertaan modal Bank Nagari ke BPR Mutiara Nagari Sijunjung. Saat hearing dengan OJK Sumbar kita tidak mendapatkan jawaban memuaskan. Untuk itu, kita akan mengirim surat ke OJK Pusat dan juga akan mengajukan Pansus,” kata Supardi.(Red)

(sumber Metran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *