Korban Proyek Infrastruktur, KPK Periksa Pejabat PT. Waskita Karya

oleh -10 views

PADANG,SUMBARTODAY-Komisi Pemberantasan Korupsi mendalami kasus korupsi pengerjaan subkontraktor fiktif dalam sejumlah proyek infrastruktur.

KPK pun menjadwalkan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi terkait kasus tersebut. Adapun saksi yang diperiksa penyidik KPK hari ini dari unsur pegawai dan pensiunan PT. Waskita Karya (Persero).

Ke-10 saksi tersebut yakni, Fakih Usman, Yahya Mauludin, Tri Mulyo Wibowo, Agus Susanto, Hendro Koesbiantoro, Mujiman, FX Sutopo Broto, Abdul Lholiq, dan Ronny Nawantoro.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, untuk Fakih Usman akan diperiksa untuk tersangka Fathor Rahman, Kepala Divisi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2011-2013.

Sedangkan sembilan saksi lainnya, akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Yuly Ariandi Siregar, yang merupakan Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT. Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2010-2014.

“Saksi Fakih Usman dibutuhkan keterangannya untuk tersangka FR (Fathor Rahman),” kata Febri, saat dikonfirmasi, Rabu (13/2/19).

Dalam kasus ini, KPK menjerat dua pejabat Waskita Karya menjadi tersangka, yakni Fathor Rachman selaku Kepala Divisi II PT. Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2011-2013 dan Yuly Ariandi Siregar selaku Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT. Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2010-2014.

Diduga akibat perbuatan keduanya, negara telah merugi sekira Rp 186 Miliar dari sejumlah pembayaran oleh PT. Waskita Karya kepada perusahaan-perusahaan subkontraktor yang melakukan pekerjaan fiktif di 14 proyek.(Red)

(sumber Telusur.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *