Diduga Ilegal, Tambang Galian C Bukik Putuih Resahkan Warga Bayang Pessel

oleh -46 views

PESSEL,SUMBARTODAY-Aktivitas tambang galian C dikawasan Bukik Putuih, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, kian meresahkan warga setempat.

Tambang galian C ini, sudah sering mendapatkan protes dari masyarakat kami masyarakat di Nagari Talaok ini, bahkan kami sempat mengirimi surat keberatan kepada pemerintah kabupaten, namun hingga saat ini tidak mendapat tanggapan,” jelas Jauhar, warga setempat saat ditemui sumbartoday.net, Jumat (10/5)

Lebih lanjut dijelaskan Jauhar, keberadaan tambang galian C tersebut sudah mengancam keselamatan warga setempat, Bahkan sudah ada satu unit rumah warga di daerah itu yang hancur ditimpa batu bekas galian tambang tersebut.

Pernah satu kali masyarakat melaporkan aktivitas tambang ini kepada polisi dan akhirnya tambang menutup aktivitasnya, namun belakangan dibuka kembali.

“Karna aktivitas tambang itu sangat membahayakan masyarakat kita, seperti yang kita ketahui, sudah ada rumah warga yang roboh karena ditimpah batu bekas galian, dan baru-baru ini juga ada pengendara yang jatuh karena serpihan batu dan tanah bukit menimbun badan jalan,” terangnya.

Selain pihak kepolisian, ia juga berharap kepada pemerintah daerah. Agar setiap pelaku usaha aktivitas galian C ilegal ini di tindak dengan tegas.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pessel mengatakan, aktivitas galian C di Bukik Putuih itu belum memiliki izin.

“Galian C itu, memang tidak ada izin, dan kita tidak pernah menerima dan menerbitkan izin rekomendasinya untuk membolehkan aktivitas tambang,” tutupnya (Def)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *