Peringatan HUT Lansia Tingkat Sumbar di Dharmasraya Berlangsung Meriah

oleh -6 views

Dharmasraya, Sumbartoday –Peringatan Hari Ulang Tahun Lansia ke 23 Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya berlangsung meriah dan semarak. Bagaimana tidak, sedari awal acara dimulai, para lansia turut tampil mengisi acara, sehingga mengundang tempuk tangan dan sorak sorai dari segenap undangan yang hadir. Bahkan tidak hanya lansia, sejumlah penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Pulau Punjung juga turut tampil menghibur para undangan dalam kesempatan itu.

Acara hari ulang tahun lansia ini dipusatkan di Auditoirium Dharmasraya, Selasa (09/07), dengan dihadiri ratusan undangan dari seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Diantara undangan yang hadir adalah Forkopimda serta segenap kepala dinas yang mengelola urusan sosial se Sumatera Barat.

Sesuai agenda yang telah dirancang Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, dalam momentum peringatan Hari Ulang Tahun Lansia ini dilakukan penyerahan serta launching sejumlah program pro lansia dari pemerintah. Diantaranya yakni penyerahan bantuan sosial untuk 3000 lansia dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, dengan nilai bantuan Rp 1 juta per orang.

Program bantuan sosial lansia ini merupakan program yang digagas Bupati Sutan Riska dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lansia di Kabupaten Dharmasraya. Bantuan yang ditujukan untuk lansia kurang mampu ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi, beban kesehatan serta beban sosial yang mereka tanggung.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, program bantuan sosial untu lansia ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan. “Tahun 2019, kita anggarkan Rp 3 milyar dari APBD. Beberapa waktu lalu saya juga sudah rapat, bansos ini akan kita anggarkan kembali di tahun 2020. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur kepada Allah Subhanahu wata’ala, dengan jabatan kepala daerah yang saya emban saat ini, saya bisa melahirkan kebijakan untuk mensejahterakan para lansia,” ujar bupati.

Kepada para lansia penerima bantuan dan juga kepada masyarakat Dharmasraya pada umumnya, bupati memohon do’a agar upaya-upaya yang ia lakukan sebagai kepala daerah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat selalu dimudahkan jalannya oleh Allah.

Bupati juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yang sudah menunjuk Kabupaten Dharmasraya sebagai tuan rumah peringatan Hari Ulang Tahun Lansia tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Apalagi, ini adalah yang pertamakalinya peringatan Hari Ulang Tahun Lansia Tingkat Sumbar dilaksanakan di kabupaten dan kota. Biasanya hanya digelar di Dinas Sosial Provinsi saja,” pungkas bupati.

Sementara itu. Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Abdul Ghafar, dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kabupaten Dharmasraya di bawah kepemimpinan Bupati Sutan Riska dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan, yang memberikan perhatian luar biasa bagi para lansia, melalui program-program lansia yang diluncurkan.

“Semoga, apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Sumbar.

Selain penyerahan bantuan sosial untuk 3000 lansia, dalam kesempatan tersebut, bupati yang turut didampingi wakil bupati juga menyerahkan bantuan biaya pemakaman bagi 144 Lansia, bantuan home care untuk 20 Lansia serta bantuan alat bantu untuk 26 Lansia, seperti alat bantu pendengaran, kursi roda dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu bupati juga melaunching kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Dharmasraya, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Lansia. Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, 9-13 Juli 2019.

Usai acara pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi lansia, dengan menghadirkan Prof. Puti Reno Raudha Thaib, sebagai keynote speaker.(Bambang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *