BPN Sumbar, Gelar Sosialisasi di Dharmasraya

oleh -66 views

Dharmasraya, Sumbartoday – Badan Pertanahan Nasional (BPN), Provinsi Sumatera Barat, adakan sosialisasi penyuluhan kegiatan redistribusi tanah kementrian agraria dan tata ruang di Nagari Lubuk Karak, Kecamatan Sembilan Koto, Kamis (11/7).

Kegiatan di pusatkan di Aula Kantor Wali Nagari tersebut di hadiri langsung Kepala Kantor Wilayah BPN Sumbar Rivaldi bersama tim, Kepala BPN Dharmasraya Arfhatas Pait dan jajaran, Camat Sembilan Koto, Syaiful Anwar, Wali Nagari Lubuk Karak Marti Ajis, serta puluhan masyarakat Nagari Lubuk Karak.

Dalam kegiatan itu, Rivaldi menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk menguatkan hak-hak masyarakat terhadap tanahnya,”Pembuatan sertifikat Redis ini terbagi dua aset bagi masyarakat yakni, aset rivom (pemilik tanah punya aset yang di kuatkan kepemilikannya, menghindari sengketa), akses rivom bisa memanfaatkan sertifikat untuk keperluan, seperti nya peminjaman modal, dan syarat mendapatkan bedah rumah serta lainnya,”ungkap Rivaldi.

Selain itu, kata Rivaldi, terkait pembuatan Redis BPN tidak ada pungutan biaya dalam membuat sertifikat, dengan target 1000 kuata.

“Gunakanlah kesempatan ini sebaik baik mungkin dan jangan di sia-siakan demi untuk keperluan anak dan cucu ke ponakan kita di masa depan,”ulas Kepala BPN Dharmasraya Arfhatas Pait.

Sambung Arfhatas, pihak BPN akan sesegera mungkin lakukan pembuatan sertifikat Redistribusi, setelah masyarakat mengajukan persyaratan dan pengumuman, baru di lakukan pengukuran jikalau tidak pihak BPN tidak akan berani melakukan pengukuran.

Ucapan yang sama juga di katakan Wali Nagari Lubuk Karak, Marti Ajis, terhadap masyarakat untuk dapat menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin,”Ini peluang di berikan oleh pihak BPN ke Masyarakat, dan secepat mungkin untuk mengusulkannya dengan syarat atas izin mamak  masing-masing di sinilah letak nya pran Mamak terhadap keponakan. (Bambang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *