Tahap Awal Penentuan Bakal Calon Gubernur Sumbar Ditentukan Oleh Kredibilitas Personal dimata Pemilih

oleh -14 views

PADANG,SUMBARTODAY-Indrawan Ketua LSM Komunitas Anak Daerah(KOAD) mengatakan bahwa Balon Gubernur Ditentukan Oleh Kredibilitas Personal dimata Pemilih, Media merupakan tempat para Balon Gubernur untuk memperkenalkan diri.

Sekarang di media sosial yang banyak diikuti warga Sumbar beredar beberapa versi pooling kandidat calon gubernur Sumbar. Tapi di versi manapun yang kita ikuti akan ditentukan oleh kredibilitas personal masing calon itu sendiri, calon tersebut harus lebih merapatkan diri kepada Media lokal agar lebih dikenal di tempat daerah pemilihan ungkap Indrawan.

Adapun calon lain yang masuk di satu versi tapi di versi lain namanya tidak tercantum, tapi tetap  pantas diperhitungkan adalah Tifatul Sembiring. Ia seorang petinggi PKS, mantan menteri di era SBY, meski bermarga Sembiring dari ayahnya, tapi ibunya asli Bukittinggi yang juga kota kelahiran Tifatul.

Jelas bahwa PKS akan sulit juga memilih siapa dari ketiga kadernya (Mahyeldi, Riza dan Tifatul) yang paling layak untuk diusung sebagai cagub, dengan catatan kadernya yang tidak diusung bisa saja loncat menjadi calon dari partai lain.

Berikutnya ada juga nama Arcandra Tahar yang sekarang menempati posisi Wakil Menteri ESDM. Dulu sempat heboh soal kewarganegaraan gandanya karena Arcandra yang ahli perminyakan ini juga memegang paspor Amerika Serikat. Tapi tak dapat dipungkiri, ia adalah salah satu orang pintar asal Sumbar.

Yang juga masuk pooling adalah Nasrul Abit (sekarang Wakil Gubernur Sumbar), Ali Mukhni (Bupati Padang Pariaman), Ganefri (Rektor Universitas Negeri Padang), Indra Catri (Bupati Agam), Fakhrizal (Kapolda Sumbar) dan Mulyadi (terpilih menjadi anggota DPR-RI 2019-2024 dari Demokrat).

Nasrul Abit merupakan Ketua DPD Gerindra Sumbar saat ini. Tentu bila sudah waktunya untuk pendaftaran cagub, Gerindra harus menetapkan siapa yang lebih dijagokan, Nasrul atau Andre Rosiade. Ali Mukhni adalah Ketua DPW PAN Sumbar. Indra Catri bukan pengurus partai, tapi saat pilkada untuk menduduki Bupati Agam, ia diusung oleh Gerindra dan PKS.

Irjend (Pol) Fakhrizal terkenal sebagai kapolda yang simpatik dan dan pers lokal menjulukinya sebagai kapolda ideal di Ranah Minang. Julukan kapolda ideal Ranah Minang itu bisa jadi karena jarang Kapolda Sumbar yang berasal dari putra Minang seperti Fakhrizal, menurut Indrawan Kapolda Irjend (Pol) Fahrizal adalah salah satu calon kuat yang sangat berpotensi untuk menjadi Gubernur sumbar kedepan.

Baca juga: Banyak Masyarakat Berharap Irjen Fahrizal Bersedia menjadi Gubernur di Sumatera Barat.

Apakah di antara nama-nama di atas betul-betul akan bertarung memperebutkan kursi Gubernur Sumbar 2020,  atau ada calon di luar itu, kita tunggu saja. sumbartoday akan ungkap untuk pembaca.

(dikutip dari sumber kompasiana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *