Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum Dukung Penuh Turnamen Anak Nagari “Kapolda Cup”

oleh -14 views

PADANG,SUMBARTODAY-Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum berkomitmen dukungan penuh kemajuan prestasi olah raga khususnya sepakbola Sumatera Barat.

Empat Tim dan Klub Sepakbola top, siap meramaikan Turnamen Anak Nagari Piala Kapolda Sumbar di Padang, Sumbar.

Keempat tim, yakni Klub Peserta Liga 1 Semen Padang FC, Tim Pra PON Sumbar, Juara Liga 3 Sumbar PSP Padang dan Tim Pra PON DKI Jakarta. Turnamen ini sendiri akan dimulai tanggal 8 hingga 11 Oktober 2019 di Lapangan PSTS Tabing, Padang.

Menurut Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum dukungannya kepada turnamen ini, merupakan bentuk dukungan penuh bagi kemajuan prestasi olahraga khususnya sepakbola Sumatera Barat. Penegasan itu dikatan jenderal berbintang dua, hari ini, Senin (7/10) di ruangan kerjanya Polda Sumbar.

Fakhrizal juga menyebutkan, sejak dari muda ia sangat menggandrungi dunia si kulit bundar dan pernah menjadi skuad tim PSP Junior di era pertengahan 1970-an, sebelum memutuskan masuk Akademi Kepolisian.

“Saya spontan menyetujui ajakan Hardimen Koto (manager team Pra PON Sumbar) untuk ikut berpartisipasi dalam Turnamen Anak Nagari ini. Tujuannya sangat bagus dalam mendukung prestasi persepakbolaan Sumatera Barat,” ujarnya.

Alumni SMA 2 Padang tamatan 1982 menambahkan dengan mengakomodir tiga tim asal Sumbar plus satu tim luar, Pra PON DKI nan notabene juga banyak dihuni para pemain yang orang tuanya dari perantau, turnamen segi empat ini layaknya sebuah momentum pertemuan anak nagari melalui media sepakbola.

“Jadi bisa dikatakan anak nagari bertemu di Padang. Apalagi dalam skuad Pra PON DKI juga banyak dihuni pemain pemain dan staf pelatih keturunan Minang. Cocok sekali namanya Turnamen Anak Nagari,” ulasnya.

Dengan turnamen ini, sebut Fakhrizal, ia berharap Semen Padang FC bisa terus berkiprah di Liga 1. Kemudian PSP Padang yang juara Liga 3 Sumbar 2019 mampu kembali beredar di kompetisi profesional lebih tinggi. Dulu PSP sejajar dengan klub klub ternama Indonesia, Persib, Persija, Persipura dan lain lain.

“Kita harapkan lagi PSP bisa sejajar lagi dengan mereka. Begitu pula Tim Pra PON Sumbar yang akan bermain di PORWIL Bengkulu dapat lolos ke PON Papua,” sebutnya.

Selain dapat dukungan Fakhrizal, Turnamen Anak Nagari mendapat dukungan sponsorship dari Bank Nagari. Direktur Utama Dedi Ihsan yang hadir dalam jumpa pers mengaku ketertarikan mereka sama halnya dengan Kapolda Sumbar yang selalu support kemajuan sepakbola Sumbar, diantaranya pada tahun 2017 Bank Nagari sponsori Semen Padang FC di Liga 2.

“Turnamen Anak Nagari ini persembahan eksklusif Bank Nagari 2019. Awarness kita. Mudah mudahan lahir pesepakbola Sumbar yang bermain di Eropa seperti Eggy Maulana,” tuturnya.

Di sisi lain menurut Dedi Ihsan dengan sponsorship Turnamen Anak Nagari, mereka dapat mempromosikan produk-produk perbankan Bank Nagari.

“Bank Nagari punya produk mobile banking. Dan nanti saat turnamen kita sosialisasikan semuanya melalui digital marketing. Di instagram ataupun media sosial lainnya. Semoga dengan ikut sponsori Turnamen Anak Nagari bisa terus membantu persepakbolaan di Sumbar,” lanjutnya.

Kedepannya, Dedi memastikan pihaknya tidak menutup kemungkinan siap bekerjasama dengan kegiatan- kegiatan sepakbola di Sumatera Barat seperti Minangkabau Cup atau Liga 3 yang digelar Asprov PSSI Sumbar.

Menurut salah seorang inisiator turnamen, Hardimen Koto, kenapa turnamen ini disebut Turnamen Anak Nagari, karena tim dan klub yang akan bertanding merupakan tim yang mencolok dan dikenal luas di Sumbar, seperti Semen Padang, PSP Padang dan Tim Pra PON Sumbar.

Tim ini sangat identik di Sumbar dan identik pula dengan nama Bank Nagari, yang mensponsori turnamen ini. Turnamen ini pasti menarik, karena penggila bola di Sumbar akan bisa menyaksikan kemampuan Tim Pra PON Sumbar dan Pra PON DKI yang bersiap menghadapi seleksi guna bisa lolos di ajang PON 2020 Papua nantinya.

“Ditambah lagi, bisa menyaksikan kehebatan Klub Liga 1 kebanggaan urang awak, Semen Padang FC dan PSP Padang yang baru saja menjuarai Liga 3 Sumbar,” sebut Hardimen.

Menyangkut sistem pertandingan, kata Hardimen Koto, semua tim akan saling berhadapan selama turnamen berlangsung dengan dua pertandingan dalam satu hari. Pertandingan perdana dimulai Selasa (8/10), Pukul 14.00 sampai selesai. Sedangkan pertandingan kedua, dimulai pukul 15.45 WIB sampai selesai.

Untuk penggila bola di Sumatera Barat, silahkan beramai-ramai mendatangi Stadion H. Agus Salim Padang. Penonton akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 perorang, dan harga ini sudah bisa digunakan untuk menonton dua kali pertandingan.

Dana yang terkumpul dari penjualan tiket, sebagian akan disumbangkan untuk Warga Minang yang kini menjadi korban dan pengungsi, akibat insiden di Wamena Papua.(Red)

(sumber : Postmetro,HarianHaluan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *