Ketua Projo Tanggapi RDP komisi III dengan Kapolri terkait Kapolda Sumbar

oleh -72 views

PADANG,SUMBARTODAY-Majunya Irjen Pol Fakhrizal sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sumatera Barat  (Sumbar)pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 ternyata telah menjadi perbincangan serius di level nasional.

Apalagi, Kapolda Ninik Mamak ini memilih maju melalui jalur Independen atau perseorangan membuat para politikus kebakaran jenggot. Setelah disorot politikus Partai Gerindra, Andre Rosiade, giliran politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Masinton yang mempertanyakan langkah Irjen Pol Fakhrizal. Sepertinya, langkah Irjen Pol Fakhrizal maju melalui jalur Independen telah menjadi trending topik.

Masinton mempertanyakan dalam forum resmi Komisi III DPR RI saat gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kapolri Rabu 20/11/2019.

Rapat memanas saat Komisi III menuding Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal deklarasi maju sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sumbar di Pilkada 2020.

“Bagaimana ini ada Kapolda maju Pilkada, sebut saja Kapolda Sumbar,” ujar Politisi PDI Perjuangan Masinton, di ruang RDP.

Pada RDP tersebut, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menjawab dengan to the point.“Soal, Kapolda yang ikut Pilkada, kita harus ganti. Hanya itu obatnya,” ujar Idham dengan mantap dikutip dari rmol.

Irjen Pol Fakhrizal saat ini masih aktif sebagai Kapolda Sumbar dan tetap utamakan tugas Polri yang diperintahkan Kapolri kepadanya.

Dari penelusuran, Irjen Pol Fakhrizal memang diinginkan banyak masyarakat Sumbar maju sebagai Bacagub Sumbar melalui jalur Independen di Pilkada 2020 Sumbar. “Saat ini saya masih Kapolda dengan tugas yang diamanahkan pimpinan tertinggi Polri, dan soal Pilkada itu bentuk aspirasi tokoh masyarakat di Sumbar yang meminta saya maju sebagai Cagub, saya terharu, sekaligus bangga masih ada masyarakat minta anggota Polri maju Cagub,” ujar Fakhrizal dihubungi usai menghadiri RDP Komisi III DPR RI.

Tapi kata Fakhrizal kini disebut maju berpasangan dengan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Genius Umar (walikota pariaman), tetap berprinsip sebagai bhayangkara negara.

Menanggapai trending Topick di RDP DPR-RI tersebut ketua DPD Projo Sumbar Angkat bicara, ” selama pak Irjen(Pol)Fakhrizal memimpin institusi Polri mulai 2016 lalu sampai saat ini sangat banyak mendapat apresiasi masyarakat, masalah penegakkan hukum yang tegas, tidak terpengaruh kepentingan pihak lain, dalam hal kinerja Polda Sumbar tergolong yang sangat positif dimata kami, terkait dengan informasi yang disampaikan atas nama masyarakat Sumbar sangat kental nuansa politik, hanya saja yang kami tangkap dari informasi tersebut tidak mencerminkan pendapat masyarakat Sumbar secara umum.

lebih lanjut Husni mengatakan,” wujud keinginan masyarakat Sumbar tersebut dapat dilihat dari banyaknya dukungan berbagai golongan masyarakat, LSM, Organisasi masyarakat, sebaiknya sebagai anggota DPR RI lakukan check dan Balance turun keakar rumput sebelum menvonis seseorang, masyarakat Minang menginginkan kepemipinan yang tegas  sesuai dengan pepatah adat, anak dipangku kamanakan dibimbiang, urag kampuang dipatenggangkan ditenggang nagari jan binaso”, ujar Husni Nahar mengakhiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *