LSM KOAD ingatkan Agar Pemko Padang Tidak Memutus Perjanjian Kerjasama Pasar Banda Buek

oleh -18 views

PADANG,SUMBARTODAY– Pemerintah Kota Padang akan membenahi Pasar Banda Buek di Kecamatan Lubuk Kilangan dalam satu bulan ke depan.kata Walikota tahun 2016 lalu yang dikutip dari Sumbar.Antaranews.com)

“Setelah membenahi pasar Lubuk Buaya dan sedang merampungkan Pasar Inpres Raya, target berikutnya pembenahan Pasar Banda Buek,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang, Senin.

Walikota Padang menyebutkan langkah ini dilakukan dalam rangka membenahi seluruh pasar satelit di Padang yang cukup ramai dikunjungi pembeli, seperti Banda Buek, Lubuk Buaya, Alai dan yang lainnya merupakan salah satu infrastruktur penting untuk menunjang kegiatan ekonomi masyarakat. Mengingat pentingnya pekerjaan tersebut, diharapkan Pasar Banda Buek bisa diselesaikan dalam dua tahun mendatang, kata Mahyeldi Ansharullah tahun 2016 yang lalu.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat di Banda Buek, Nenden Tedja berharap langkah pembenahan Pasar Banda Buek harus tuntas dan menyeluruh.

Sebab pembenahan dan imbauan pendisiplinan di pasar tersebut telah sering dilakukan oleh lurah bersama Pol PP, akan tetapi kenyataannya pedagang tetap mangkir dan berjualan di halaman.

Menurutnya perlu tindakan tegas dari pemkot dalam menyelesaikan pembenahan tersebut terutama menertibkan pedagang.

“Setelah itu barulah memulai langkah pembangunan, mulai penambahan kios dan pembenahan kios yang ada lebih representatif, serta pembuatan lapangan parkir yang sesuai khususnya untuk ojek,” ujarnya.

Kepala Dinas Pasar Endrizal menambahkan, “pembenahan akan dilakukan satu bulan dari sekarang dan renovasinya mungkin akan mencapai dua tahun, Sebagai langkah awal pembenahan tahun ini pedagang yang berjualan di halaman pasar akan diupayakan untuk naik ke lantai dua, Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di pasar tersebut”,ulasnyanya (sumber dikutip dari berita Sumbar.Antaranews.com, Senin, 25 April 2016 9:37 WIB).

Indrawan ketua LSM KOAD memberikan komentarnya terkait kondisi pasar akhir-akhir ini,” pasar memang sudah mulai tertata rapi, jalan raya padang-solok sudah lancar, langkah selanjutnya Pemko Padang harus menyelesaiakan seluruh masalah keuangan para investor.

Pemko jangan lupakan investor yang telah ikut melakukan pembangunan.

pemutusan kerjasama jangan dilakukan, karena banyak pihak yang akan dirugikan.

Kesepakatan antara Pemko Padang dengan KAN Lubuk kilangan belum ditunaikan.

Para pihak yang bersengketa harus melanjutkan dengan melakukan Addendum Perjanjian Kerjasama, baik antara KAN Lubuk kilangan, Pemko Padang, PT Syafindo Mutiara Andalas, Indrawan CS, serta PT.Langgeng Giri Bumi.

Kerjasama para pihak yang telah ikut membangun perlu dilanjutkan, karena Proyek pembangunan pasar ini bisa mencapai bobot 50% adalah atas keikutsertaan para pihak tersebut.

Agar tidak timbul masalah baru, perjanjian kerjasama dengan PT.SMA tidak boleh diputus, dengan memutus PT SMA maka yang lain juga ikut terdampak, akhirnya mereka akan sulit meminta haknya.

Keikutsertaan para pihak dalam membangun harus dihargai. merekalah sebenarnya yang menyelesaikan pembangunan Pasar Banda Buek sampai pada kondisi sekarang ini”, kata Indrawan ketua LSM KOAD.

Jika pihak Pemko akan melakukan penambahan kios lantai satu dan lantai dua, sebaiknya tetap melibatkan semua pihak yang telah  berjasa. Jelasnya

“Saya khawatir jika tidak demikian, permasalahan hukum yang terjadi di pasar Banda Buek tidak akan tuntas, dikhawatirkan, malah akan bertambah dengan pelanggaran pidana baru”, kata Indrawan.

“Walikota harus tempatkan orang yang cakap, mengerti dengan hukum, berani mengambil tindakan, tidak menang sendiri, jika masih ingin mencari untung sendiri, saya khawatir akan menambah korban baru, masalah hukum justru akan makin tambah banyak”, kata Indrawan (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *