LSM KOAD Minta KPU fair, Hargai Calon Yang Berani Melalui Jalur Independen

oleh -7 views

PADANG,SUMBARTODAY-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menggelar pertemuan dengan awak media guna mempererat silaturrahmi dan memaksimalkan sosialisasi Pemilihan Serentak 2020.

Kegiatan tersebut digelar di Aula KPU Lima Puluh Kota, (21/7) yang dihadiri semua Komisioner KPU dan wartawan yang bertugas di daerah itu, baik media cetak maupun media eletronik.

Ketua KPU Lima Puluh Kota, Masnijon mengatakan perlunya sinergi antara penyelenggara pemilu dengan awak media. Sejak dimulainya tahapan Pilkada 2020 pasca ditunda akibat bencana Covid-19, baru kali ini menggelar pertemuan resmi dengan media.

“Sejak dimulai kembali tahapan pilkada pasca ditunda akibat Covid-19, baru sekarang kegiatan seperti ini terselenggara. Hal ini tidak terlepas dari kegiatan/tahapan pilkada yang cukup padat,” kata dia.

Sejak dimulai kembali tahapan, langsung pengaktifan kembali Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi faktual, penyusunan, hingga pencocokan dan penelitian data pemilih yang sedang berjalan saat ini.

Sementara itu, Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lima Puluh Kota, Rina Fitri mengatakan satu tahapan yang sudah selesai dilakukan adalah verifikasi faktual bakal calom perseorangan hingga pleno tingkat kabupaten.

Sesuai hasil pleno, dukungan untuk Maskar M. Dt. Pobo dan Masril yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) adalah sebanyak 15.381, sementara dukungan Ferizal Ridwan dan Nurkhalis yang dinyatakan MS adalah sebanyak 16.400.

Dukungan dua bapaslon jalur perseorangan itu belum memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai calon karena jumlah dukungan yang dibutuhkan adalah sebanyak 22.539. Meski begitu, sesuai dengan PKPU, kedua pasangan itu masih bisa melakukan penambahan dukungan di masa perbaikan dengan jumlah dukungan yang harus diajukan adalah dua kali kebutuhan

Untuk pasangan Maskar M. Dt. Pobo dan Masril jumlah dukungan yang harus mereka serahkan di masa perbaikan adalah sebanyak 14.316 (kebutuhan 7.158) dukungan dan pasangan Ferizal Ridwan dan Nurkhalis sebanyak 12.278 (kebutuhan 6.139).

Kemudian Divisi Perencanaan Data Dan Informasi, Eka Ledyana mengatakan untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih dan memastikan daftar pemilih tersusun dengan baik untuk Pemilihan Serentak 2020, maka KPU akan melaksanakan kegiatan Coklit (Pencocokan dan penelitian) yang dilakukan oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) 1 orang untuk masing-masing TPS.

“Pelaksanaan Coklit ini dilakukan selama 30 hari, mulai tanggal 15 Juli 2020 sampai dengan 13 Agustus 2020. Untuk 13 kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota adalah 796 TPS dengan 796 PPDP,” kata dia.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi, Partisipasi Pemilu, Pendidikam Pemilih, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Arwantri mengatakan pihaknya berharap adanya kerjasama yang baik antara KPU dengan media guna menyukseskan Pilkada 2020.

“ Peran media sangat besar dalam menyukseskan pemilihan serentak 2020, terutama untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, untuk sosialisasi ini, media mempunyai ruang yang cukup luas untuk menyampaikan informasi, edukasi kepada masyarakat. Dimana, kata dia ruang tersebut tidak dimiliki oleh pihal penyelenggara.

Indrawan LSM KOAD ingatkan pihak yang berkepentingan agar, “jangan merubah aturan main ditengah jalan. fikiran negatif masyarakat perlu dipertimbangkan, jangan biarkan mereka berfikir bahwa KPU tidak fair, kata Indrawan Ketua LSM KOAD

(sumber BeritAnda1.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *