Bareskrim Dikembangkan, Lima Jenderal Baru Akan Ditambah

oleh -13 views

PADANG,SUMBARTODAY-Jajaran bintang di tubuh Bareskrim Polri akan bertambah. Tak tanggung-tanggung akan ada lima jenderal baru di Bareskrim, sebab badan berlambang busur dan panah itu akan dikembangkan lebih besar.

Hal ini dikatakan oleh beberapa sumber Beritasatu.com di Jakarta. Dalam rancangan ini lima direktorat di Bareskrim (Pidana Umum, Ekonomi Khusus, Pidana Korupsi, Narkoba, dan Pidana Tertentu) yang kini dipimpin Brigjen bintang satu akan naik setingkat lebih tinggi.

“Lima direktorat itu akan naik jadi kor dan akan dipimpin bintang dua atau Irjen. Misalnya Dit Narkoba akan jadi Kor Narkoba,” kata seseorang yang mengetahui hal ini.

Sumber yang lain menambahkan jika khusus untuk Kor Pidana Korupsi rencananya akan keluar dari Bareskrim. Kor ini akan langsung di bawah perintah Kapolri.

“Mirip semacam Densus hari ini. Jadi tidak bertanggung jawab ke Kabareskrim tapi langsung ke Kapolri. Tujuannya supaya koordinasi dan kendali langsung dari pimpinan utama Polri,” imbuhnya.

Juru bicara Polri belum bisa dimintai komentar soal peningkatan level jabatan di Bareskrim Polri yang digawangi Komjen Listyo Sigit itu.

Belakangan ini sejumlah jabatan di Polri memang naik tingkat. Salah satunya adalah status seluruh Polda di Indonesia saat ini menjadi tipe A yang artinya dipimpin Irjen.

Selain itu kelak Korbrimob yang kini dipimpin jenderal bintang dua juga akan dinaikan menjadi Kaba Brimob yang artinya dipimpin Komjen (bintang tiga).

Belum jelas juga bagaimana kenaikan ini akan menyedot anggaran Polri yang ada saat ini, di mana hampir 50-60 persen anggaran Polri habis untuk gaji pegawai.

Padahal anggaran Polri saat ini pun sudah superjumbo. Tahun ini anggaran Polri Rp 96 triliun setelah dipotong pandemi Covid-19.

Sumber: BeritaSatu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *