Kenapa Soekarno Memilih Mendirikan PMI Sebelum Perangkat Negara Lainnya?

oleh -12 views

Tak bisa dipungkiri, Palang Merah Indonesia (PMI) tidak terlepas dari jejak Sejarah Bangsa Indonesia. Setelah Proklamasi Kemerdekaaan dikumandangkan, Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno.

Bung Karno sengaja mendahulukan pendirian PMI sebelum Perangkat Negara lainnya dibentuk, karena tahu di depan ada pekerjaan sangat berat yang membutuhkan peran serta PMI, yaitu Perang Mempertahankan Kemerdekaan.

Sebuah pekerjaan sangat berat yang akan membutuh dukungan dan bantuan Internasional terutama Bantuan Kemanusiaaan.

Namun dibalik itu, Bung Karno tahu bahwa Gerakan Kepalangmerahan merupakan Jaringan Internasional yang paling diakui, sehingga ketika PMI berdiri dan menjadi bagian dari jaringan tersebut, maka secara de’facto negara Indonesia mendapat pengakuan.

Karena, Bantuan Kemanusiaan dari Intercross (istilah waktu itu) selalu melalui Perhimpunan Nasional sebuah negara, sehingga ketika intercross atau sebuah Perhimpunan Nasional Negara lain memberikan bantuan artinya secara tidak langsung mengakui bahwa Indonesia adalah sebuah Negara Merdeka.

Bung Karno tahu dan sadar akan banyak permasalahan terkait peperangan di awal Kemerdekaan, mulai dari pertolongan pejuang yang luka, obat-obatan, makanan, penanganan pengungsi, pertukaran tawanan sampai kepada diplomasi kemanusiaan.

Semua itu butuh Badan Khusus yang bisa menangani, lebih jauh sebuah badan yang memang mampu berperan baik di Dalam Negeri maupun hubungan dengan Internasional.

Sejarah PMI adalah sejarah bangsa Indonesia. Pada sambutan 5 tahun PMI, Bung Karno menyatakan:

“Lima tahun lamanya PMI berdjoeang dan berkorban, untuk syia’arnya bangsa kita dan untuk memenuhi tuntutan peri-kemanusiaan.

Pekerjaan yang masih kita harus selesaikan bertimbun-timbun dan banjak jang sulit-sulit pula.

Tetapi semangat PMI dalam lima tahun yang lalu itu memberikan kepercayaan bahwa segala kesulitan itu dapat kita atasi.

Editor : Robbi Engles Yunisco (Dari berbagai sumber)

 

#SalamTangguh #SalamKemanusiaan #PMISelaluBantu #CegahCovid-19 #PalangMerahIndonesia #PMIKotaPayakumbuh  #RelawanPMI #BravoPMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *