Demi menjaga suasana agar Kondusif, Baralarek Batagak Pangulu Sungai Kamuyang diundur

oleh -214 views

🌐 Redaktur : Robbi Engles Yunisco, B.nP

_

_

 

Kabupaten 50 Kota, Sumbar Today – Baralek Batagak Pangulu Nagari Sungai Kamuyang yang direncanakan dilangsung pada hari Rabu tanggal 2 Juni 2021, akhirnya diundur.

Pengunduran waktu yang telah disepakati sebelumnya oleh anak kemenakan dari 44 niniak mamak beserta Panitia Alek dan Kerapatan Adat Nagari Sungai Kamuyang tersebut, pelaksanaan acara Baralek Batagak Pangulu akhirnya disepakati untuk diundur demi menjaga suasana didalam nagari agar Kondusif.

Ketua Panitia Baralek Batagak Pangulu, Yakubis mengatakan langkah dan keputusan tersebut berdasarkan dari Musyawarah dari segala unsur, baik dari Perwakilan dari niniak mamak, Pangulu, Pengurus KAN dan Wali Nagari Sungai Kamuyang serta Pemkab 50 Kota beserta Forkopimda yang difasilitasi di Kantor Kecamatan Luak, selasa siang (01/06/2021).

“Keputusan untuk mengundur pelaksanaan Baralek Batagak Pangulu tersebut berdasarkan keputusan bersama dari semua unsur di kabupaten 50 kota, dimana pada sebelumnya rekomendasi atau saran dari Bupati, LKAAM dan Forkopimda agar baralek batagak pangulu diundur dulu demi menjaga suasana kondusif” kata Ketua Panitia Baralek kepada Media.

Yakubis menambahkan, disamping untuk menjaga agar suasana di nagari sungai kamuyang kondisif bahkan dari 44 niniak mamak yang akan dikukuhkan juga sudah legewo dan berpendapat kalau acara baralek tetap dilaksanakan dengan keadaan seperti ini, mereka merasa tidak tenang.

Sedapat mungkin saat baralek harus penuh kenyamanan dalam pelaksanaannya karena momen ini adalah hanya dapat dilaksanakan 1 kali saja seumur hidup bagi Pangulu yang dikukuhkan di setiap Nagari.

“Pada intinya baralek batagak pangulu kali ini diundur dan akan tetap dilaksanakan nanti setelah persoalan Limbago tuntas, semua itu pasti ada jalan tengahnya, tak ada kusuik yang takkan salasai, karena musyarawarah dengan kepala dingin akan membawa kenyamanan ditengah-tengah masyarakat” tutupnya. ***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *