Walikota Padang,Resmi Buka Pekan Olahraga Kota Padang

oleh -2 views

Padang–Sumbartoday.net -Walikota Padang, Hendri Septa, membuka Pekan Olahraga Kota (Porkota) Padang, di Lapangan Upacara Balai Kota Padang, Aia Pacah, Rabu, (15/12) pagi.

“Atlet-atlet yang telah ditempa selama ini akan terlihat hasilnya melalui Porkota ini. Porkota adalah salah satu ajang pencarian atlet berbakat,” kata Hendri Septa, saat pembukaan Porkota.

Ia melanjutkan, Kota Padang memang harus memiliki atlet yang berbakat, supaya bisa berprestasi pada ajang olah raga yang levelnya lebih tinggi.

“Saya melihat selama ini dan berkaca hasil PON Papua lalu, atlet asal Padang masih kalah jauh dalam perolehan medali dibanding atlet daerah lain di Sumbar yang ikut berlaga di PON,” ucap Hendri.

Menurut Hendri, Kota Padang tidak pernah terkalahkan oleh daerah lain selama penyelenggaran pekan olahraga provinsi (Porprov) Sumbar. “Namun, kalah dalam perolehan medali emas dari daerah lain di
Sumbar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mencetak atlet berprestasi pada level nasional dan dunia tidak bisa secada instan. Namun, harus melewati pembinaan jangka panjang dan berjenjang, serta latihan kontinu dan terukur.

“Dengan banyaknya mengikuti berbagai ajang olahraga, akan membuat mental dan fisiknya menjadi terlatih. Oleh karena itu, kita mengadakan Porkota kali ini untuk mendapatkan atlet yang benar-benar mumpuni,” papar Hendri.

Hendri menyampaikan, Porkota semestinya terselenggara pada 2020, tetapi bisa terlaksana pada 2021, akibat wabah pandemi Covid-19. Dampaknya, membuat pembentukan atlet- atlet menjadi terhenti.

“Melalui Porkota ini, akan terjaring atlet Kota Padang yang akan dipersiapkan mengikuti Porprov Sumbar pada 2023, serta PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024. Mari ikuti dan sukseskan Porkota kali ini,” pungkas Hendri.

Sementara itu, Ketua KONI kota Padang, Yusra Syarif, mengatakan, Porkota adalah wadah atlet Kota Padang untuk menguji kemampuan menjelang Porprov Sumbar.

“Tentunya kami mengharapkan para atlet bertanding dengan semangat jiwa olahraga tinggi, jujur, dan dengan sportivitas yang luar biasa,” ujar Yusra Syarif.

Ketua Panitia Porkota Padang, Erizal Syaf, mengatakan, sebelas kecamatan mengikuti Porkota yang akan mempertandingan 28 Cabang Olahraga (Cabor).

“Porkota Padang2021 dipusatkan di GOR H. Agus Salim Padang. Seluruh atlet akan berada di arena olahraga hingga 21 Desember mendatang,” pungkasnya. (Aca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *